Developing Job Analysis, Job Description dan Job Designed

Explore Training Details Below

Jadwal Training Selanjutnya

Date Topic Training" Investment  
27 May - 28 May Developing Job Analysis, Job Description dan Job Designed (Yogyakarta) Rp.8,000,000 Register
24 Jun - 25 Jun Developing Job Analysis, Job Description dan Job Designed (Yogyakarta) Rp.8,000,000 Register
29 Jul - 30 Jul Developing Job Analysis, Job Description dan Job Designed (Yogyakarta) Rp.8,000,000 Register
29 Aug - 30 Aug Developing Job Analysis, Job Description dan Job Designed (Yogyakarta) Rp.8,000,000 Register
23 Sep - 24 Sep Developing Job Analysis, Job Description dan Job Designed (Yogyakarta) Rp.8,000,000 Register
21 Oct - 22 Oct Developing Job Analysis, Job Description dan Job Designed (Yogyakarta) Rp.8,000,000 Register

Silabus

DESKRIPSI PELATIHAN

Job analysis adalah proses sistematis untuk mengumpulkan semua informasi tentang pekerjaan, termasuk persyaratan keterampilan, peran, tanggung jawab, dan proses untuk membuat deskripsi pekerjaan yang valid. Hal ini juga memberi gambaran tentang kualitas SDM secara fisik, emosional, dan terkait yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik.

Dengan adanya analisis pekerjaan, maka perusahaan dapat memastikan bahwa kandidat yang dipilih memang tepat. Untuk jangka panjang, job analysis membantu pemberi kerja dalam rekrutmen dan seleksi, manajemen kinerja, memilih kompensasi, tunjangan, dan sebagainya. Ini membantu karyawan lebih bisa memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang sebenarnya dibutuhkan dari mereka.

Job description adalah uraian pekerjaan atau lebih tepatnya gambaran mengenai tugas dari suatu jabatan. Job description merupakan suatu penjabaran tertulis yang berisi tentang tujuan dari dibentuknya suatu jabatan dan tugas. Melalui job description inilah maka akan didapatkan gambaran mengenai apa yang harus dilakukan oleh seseorang dengan jabatan tertentu. Seorang karyawan juga dapat melakukan tugasnya sesuai dengan job description yang jelas sehingga ia dapat mengerti benar tentang bagaimana ia harus menjalankan pekerjaannya. Dengan uraian pekerjaan yang jelas ia dapat menjalin hubungan dan komunikasi dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan jabatan di pekerjaanya.

Karyawan dengan job description yang jelas  akan lebih mudah dalam melakukan pekerjaan sehingga ia dapat membantu sebuah perusahaan dalam menjalankan misinya. Visi perusahaan pada akhirnya dapat dicapai dengan baik dan hasil yang dicapai bukan tidak mungkin akan sesuai dengan apa  diharapkan baik oleh pemilik bisnis maupun oleh karyawan sendiri. Oleh karena itu sebuah job description sangatlah penting dan perlu disosialisasikan kepada para karyawan  di suatu perusahaan.

Dari Job Analysis dan Job Description yang sudah jelas Perusahaan ke depannya akan mudah melakukan Job Designed (Rancangan Pekerjaan) yang meliputi Job Enrichment, Job Enlargement, mutasi, rotasi, special assignment, substitute assignment, coaching, mentoring dan Job shadowing.

Guna memfasilitasi kebutuhan tersebut, maka Workshop ini akan memberikan pelatihan bagaimana menyusun Job Analysis dan Job Description dengan baik . Selain hal tersebut, melalui workshop ini, peserta juga akan diajak untuk bisa menerapkan Job Designed secara strategis sehingga program pengembangan SDM dapat berjalan dengan baik untuk menciptakan produktifitas kinerja.

 

TUJUAN PELATIHAN

  • Membekali peserta dengan ilmu praktis bagaimana membuat Job Analysis yang tepat dan dapat di terapkan diperusahaan tempat peserta bekerja.
  • Membekali peserta dengan kemampuan membuat Job Description yang efektif dan bisa diterapkan diperusahaan tempat peserta bekerja.
  • Peserta bisa mengimplementasikan Job Designed untuk program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Perusahaan untuk peningkatan produktifitas kerja.

 

OUTLINE PELATIHAN

Day 1

  • Desain Organisasi dan Struktur Organisasi.
  • Langkah awal pembuatan Job Analysis.
  • Tehnik dan metode pembuatan Job Analysis.
  • Praktek dan Latihan membuat Job Analysis.
  • Tahap pembuatan Job Description
  • Fungsi dan kegunaan Job Description untuk pengembangan SDM.
  • Bagaimana mengevaluasi Job Description.
  • Praktek dan Latihan membuat Job Description

Day 2

  • Review pelatihan hari ke-1 tehnik menyusun Job Analysis dan Job Description.
  • Mengembangkan Job Description menjadi Job Qualification.
  • Tiga element Job Designed.
  • Tujuh komponen Job Designed.
  • Alternatif penggunaan Job Desigend
  • Dampak dan manfaat Job Designed bagi Perusahaan.
  • Praktek dan Latihan membuat Job Designed.
  • Review pelatihan hari ke-2 penerapan Job Designed.

 

TARGET PESERTA

Staff, Supervisor dan Manager HRD serta professional di Department lain yang ingin mendalami pembuatan Job Analysis, Job Description dan Job Designed untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Perusahaan.

Trainer : Spectracentre Trainer Team

Tanggal Training

Kamis - Jum'at , 29 Agustus 2024 - 30 Agustus 2024

Investasi

Rp.8,000,000

Certification

Form Pendaftaran

  • Pengisian Formulir Pendaftaran Pelatihan Spectra Trainer belum bersifat mengikat, penawaran dan penjelasan resmi dan lebih lengkap akan diberikan langsung oleh Marketing Spectra Training yang bersangkutan dengan topik / kebutuhan Pelatihan yang Anda minta, sesaat setelah data Anda sampai di email pendaftaran kami. Anda berhak untuk membatalkan untuk mengikuti training, jika penawaran resmi dari Marketing Spectra Training yang bersangkutan berbeda dengan kebutuhan Anda.
  • Mohon melengkapi data Anda sedetail mungkin di Setiap Pengisian Formulir Our Services Spectra Training , , kesalahan/kekurangan data yang diisikan, akan menyebabkan Marketing Kami akan kesulitan menghubungi Anda.
  • Untuk jadwal tanggal pelaksanaan Public Training bisa berubah dikarenakan disesuaikan dengan jadwal trainer dan kondisi jumlah peserta
  • Untuk 1 Peserta Public Training Kami , Akan Tetap Berjalan Dan Pelaksanaan Di Hotel Berbintang