Certified Human Resources General Manager - BNSP (Sertifikat diberikan atas lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi BNSP) / 4 Hari

Explore Training Details Below

Jadwal Training Selanjutnya

Date Topic Training" Investment  
27 May - 30 May Certified Human Resources General Manager - BNSP (Sertifikat diberikan atas lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi BNSP) / 4 Hari (Jakarta), Confirm Running Rp.16,000,000 Register

Silabus

Durasi : 4 Hari (09.00 - 16.30 WIB)

 

DESKRIPSI

Untuk melindungi dan menjamin kualitas kompetensi kerja di seluruh sektor profesi yang ada di Indonesia dalam menghadapi pasar bebas ASEAN, Pemerintah membentuk BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), dan selanjutnya BNSP memberikan lisensi kepada LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) sesuai bidangnya. LSP MPSDM (Lembaga Sertifikasi Profesi) Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) merupakan salah satu LSP yang diberi lisensi oleh BNSP untuk menyelenggarakan sertifikasi profesi dalam bidang manajemen dan pengembangan SDM, dengan menggunakan jenis skema sertifikasi KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia)/Level.

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang digunakan  adalah berdasarkan  berdasarkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 149 Tahun 2020 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Jasa Profesional, Ilmiah, dan Teknis Golongan Pokok Aktivitas Kantor Pusat dan Konsultasi Manajemen Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia. Serta Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 297 Tahun 2020 tentang Penetapan Jenjang Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia. Kedua standard/acuan tersebut digunakan oleh LSP MPSDM untuk menyusun skema sertifikasi pada setiap level.

Berdasarkan Kepmenaker  Nomor 115 Tahun 2022 tentang pemberlakuan wajib sertifikasi kompetensi terhadap jabatan bidang manajemen sumber daya manusia. Kementerian ketenagakerjaan sebagai instansi pembina teknis dibidang manajemen SDM/HRD sudah memberlakukan wajib sertifikasi kompetensi bagi pekerja yang menduduki jabatan bidang manajemen SDM/HRD. Menggunakan skema sertifikasi kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan mengacu pada SKKNI bidang SDM yang berlaku.

 

MANFAAT SERTIFIKASI

A. Bagi Calon Tenaga Kerja

  1. Membantu tenaga kerja meyakinkan kepada organisasi dan kliennya bahwa dirinya kompeten dalam bekerja atau menghasilkan produk atau jasa.
  2. Membantu memastikan dan memelihara kompetensi untuk meningkatkan percaya diri Tenaga kerja.
  3. Membantu tenaga kerjadalam merencanakan karirnya.
  4. Membatu tenaga kerja dalam mengukur tingkat pencapaian kompetensi dalam proses belajar di lembaga formal maupun secara mandiri.
  5. Membantu tenaga kerja dalam memenuhi persyaratan regulasi.
  6. Membantu pengakuan kompetensi lintas sektor dan lintas negara

 

B. Bagi Institusi Pendidikan

1.  Membantu memastikan link and match antara kompetensi lulusan dengan tuntutan kompetensi organisasi pelayanan publik.

2.  Membantu memastikan tercapainya efisiensi dalam pengembangan program diklat.

3.  Membantu memastikan pencapain hasil diklat yang tinggi.

4. Membantu Lemdiklat dalam sistem asesmen baik formatif, sumatif maupun holistik yang dapat memastikan dan  memelihara kompetensi peserta didik selama proses diklat

 

C. Bagi Industri

  1. Membantu Industri meyakinkan kepada klienya bahwa produk/jasanya telah dibuat oleh tenaga-tenaga kerja yang kompeten.
  2. Membantu Industri dalam rekruitmen dan mengembangkan tenaga kerja berbasis kompetensi, meningkatkan efisensi HRD, dan akhirnya terjadi efisiensi nasional.
  3. Memastikan Industri dalam mendapatkan tenaga kerja yang kompeten.
  4. Membantu Industri  dalam sistem pengembangan karir dan renumerasi tenaga berbasis kompetensi.

 

DAFTAR SKEMA

1. MANAJER GENERAL MANAGER SDM

RINCIAN UNIT KOMPETENSI

NO

KODE UNIT

JUDUL UNIT KOMPETENSI

1

M.70SDM01.001.2

Merumuskan Strategi dan Kebijakan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

2

M.70SDM01.005.2

 

Merumuskan Proses Bisnis serta Tugas dan Fungsi dalam Organisasi

3

M.70SDM01.006.2

Merumuskan Perubahan Strategis Organisasi

4

M.70SDM01.007.2

Merumuskan Budaya Organisasi

5

M.70SDM01.009.2

Mengevaluasi Efektivitas Struktur Organisasi

6

M.70SDM01.044.2

Membangun Komunikasi Organisasi yang Efektif

7

M.70SDM01.002.2

Mengevaluasi Efektivitas Strategi dan Kebijakan MSDM

8

M.70SDM01.003.2

Menetapkan Rencana Kegiatan dan Anggaran MSDM

9

M.70SDM01.004.2

Merancang Desain Organisasi

10

M.70SDM01.015.2

Mengelola Proses Perubahan (Change Management)

11

M.70SDM01.016.2

Mengelola Proses Pengembangan Budaya Organisasi

12

M.70SDM01.023.2

Menyusun Sistem Remunerasi

13

M.70SDM01.037.2

Menyusun Kelompok Pekerja Bertalenta (Talent Pool)

14

M.70SDM01.039.2

Merancang Jalur Karir Pekerja

15

M.70SDM01.040.2

Mengelola Program Suksesi

 

PERSYARATAN PESERTA

  1. Copy ijazah pendidikan minimal setara S1
  2. Copy sertifikat pelatihan SDM level general manajer
  3. Copy KTP
  4. CV terbaru dan Foto 3X4 berwarna 3 lembar
  5. Surat keterangan bekerja (untuk pekerja yang berpengalaman)

Trainer : Spectracentre Trainer Team

Tanggal Training

Senin - Kamis , 27 Mei 2024 - 30 Mei 2024

Investasi

Rp.16,000,000

Certification

Form Pendaftaran

  • Pengisian Formulir Pendaftaran Pelatihan Spectra Trainer belum bersifat mengikat, penawaran dan penjelasan resmi dan lebih lengkap akan diberikan langsung oleh Marketing Spectra Training yang bersangkutan dengan topik / kebutuhan Pelatihan yang Anda minta, sesaat setelah data Anda sampai di email pendaftaran kami. Anda berhak untuk membatalkan untuk mengikuti training, jika penawaran resmi dari Marketing Spectra Training yang bersangkutan berbeda dengan kebutuhan Anda.
  • Mohon melengkapi data Anda sedetail mungkin di Setiap Pengisian Formulir Our Services Spectra Training , , kesalahan/kekurangan data yang diisikan, akan menyebabkan Marketing Kami akan kesulitan menghubungi Anda.
  • Untuk jadwal tanggal pelaksanaan Public Training bisa berubah dikarenakan disesuaikan dengan jadwal trainer dan kondisi jumlah peserta
  • Untuk 1 Peserta Public Training Kami , Akan Tetap Berjalan Dan Pelaksanaan Di Hotel Berbintang